Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Camera 2 API di Semua Tipe Android, Sudah Aktif atau Belum

Cara Cek Camera 2 API Android

Mengetahui satus Camera 2 API pada ponsel android merupakan salah satu langkah wajib ketika akan memasang aplikasi GCAM atau Google Camera. Langkah ini merupakan salah satu syarat untuk mengerahui apakah ponsel yang digunakan dapat dipasang GCAM atau tidak. Namun bagi ponsel yang Camera 2 API nya tidak aktif jangan berkecil hati karena masih bisa memasang GCAM 32 bit yang tentunya memiliki fitur yang sangat terbatas.

Sayangnya, saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu Camera 2 API, apa fungsinya dan bagaimana cara mengeceknya. Namun memang perlu diakui istilah Cam 2 API ini sangat asing di telinga dan jarang didengar. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa itu Camera 2 API, apa fungsinya dan bagaimana cara mengeceknya pada semua tipe ponsel Android.

Apa itu Camera 2 API ?

Secara singkat Camera 2 API adalah sebuah framework pada sistem android yang dibuat oleh Google agar para developer pihak ketiga dapat mengakses dan mengontrol fitur kamera seperti exposure, ISO, shutter speed dan sebagainya. Dengan kata lain para developer pihak ketiga dapat melakukan kustomisasi secara bebas pada aplikasi kamera yang sedang dikembangkannya. Dalam hal ini misalnya aplikasi kamera bawaan (mode pro) dan Google Camera port.

Camera 2 API yang aktif memungkinkan aplikasi untuk mengakses dan mengontrol penuh ke hardware kamera, begitupun sebaliknya. Jika Camera 2 API belum aktif maka aplikasi tidak akan berfungsi dan akan terjadi force close karena tidak memiliki akses ke hardware kamera. So, status camera 2 API ini sangat penting untuk diketahui.

Lantas bagaimana cara mengecek status Camera 2 API apakah sudah aktif atau belum? simak ulasannya!

Cara Cek Camera2 API di Android

Informasi mengenai status Camera 2 API pada ponsel android jarang sekali dibahas. Para produsen pun hampir tidak pernah menggunakan istilah ini untuk melakukan promosi atau hanya sekedar menuliskannya pada box product maupun iklan mereka. Yap, kembali lagi istilah camera 2 api ini asing ditelinga konsumen sehingga tidak efektif jika digunakan sebagai kata sakti dalam promosi.

Akibat dari minimnya informasi mengenai dukungan Cam2 API pada setiap merk dan tipe ponsel, tentunya akan membuat pengguna bingung dan mencari tahu bagaimana cara mengecek camera 2 api di ponselnya apakah sudah aktif atau belum. Berikut adalah cara mengecek status Camera 2 API pada semua tipe ponsel Android.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Manual Camera Compatibility dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah.
  3. Aplikasi untuk cek Camera 2 API
  4. Tekan tombol Start untuk melakuakan proses pengecekan.
  5. Jika semuanya ceklis hijau maka smartphone kamu support Camera 2 API. Namun jika semuanya menunjukkan tanda silang merah maka ponsel tersebut tidak support Camera 2 API.
  6. Camera 2 API aktif atau belum
Tambahan: Pada sebagian tipe ponsel terkadang ada yang ceklis hijau dan merah sebagian, itu tandanya ponsel tersebut support Camera 2 API namun tidak full.

Demikianlah tutorial sederhana mengenai cara mengetahui Camera2 API sudah aktif atau belum saya bagikan. Cara cek Camera 2 API ini bisa digunakan pada semua merk dan tipe smartphone android seperti Xiaomi seperti Mi 8 lite, Redmi seperti Note 8 Pro, Poco, Samsung, Oppo, Vivo, Realme dan merk terkemuka lainnya.

Apabila ada yang kurang jelas atau belum dimengerti silahkan tuliskan pada kolom komentar. Saran dan kritik sangat saya tunggu demi kemajuan blog ini. Terima Kasih.