Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android

6 Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android - Selamat datang pembaca setia Techodream dimanapun berada. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kemudahan rezeki, Aamiin.

6 Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android

Saat ini menerjemaahkan bahasa bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan sangat mudah berkat adanya teknologi yang harus maju di zaman modern sekarang ini. Di Hp Android atau Smartphone kita bisa menerjemahkan bahasa ke bahasa lain dengan mudah dan praktis. Misalnya sobat bisa mengaktifkan Google Translate di keyboard Android otomatis, lantas bagaimana caranya?

Bayangkan saja dengan kemudahan ini, sobat hanya cukup untuk mengetikan saja apa yang ingin sobat sampaikan, maka dengan secara otomatis penerjemahan bahasa yang dituju akan segera dimuncukan. Hal ini pasti akan sangat membantu aktifitas sobat khususnya jika ingin berbicara menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa lainnya dengan mudah, cepat dan praktis.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Google Translate otomatis di keyboard ponsel milik sobat pribadi? Selengkapnya berikut admin akan memberikan cara dan tutorialnya dibawah ini, simak berikut ini.

6 Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android

1. Memiliki Aplikasi GBoard

Langkah yang pertama yang perlu sobat lakukan adalah dengan memastikan kalau HP Android atau Smartphone milik sobat disini mempunyai aplikasi GBoard atau Keyboard Google. Apabila sobat memang belum memilikinya, sobat bisa download terlebih dahulu melalui layanan resmi Google Playstore. Setelah selesai pengunduhan, kemudian instal dan jalankan aplikasi. 

Pada halaman awal saat membuka aplikasi GBoard, sobat pilih opsi "Pilih Metode Masukan". Opsi ini dipilih untuk bisa mengubah tipe keyboard sobat yang awalnya keyboard biasa dialihkan menjadi tipe GBoard yang akan memungkinkan sobat untuk menerjemahkan kata-kata.

2. Mengubah Keyboard ke GBoard

Setelah selesai masuk ke pengaturan dan mengubah Keyboard menjadi GBoard, maka kini papan ketik milik sobat akan sudah bisa digunakan untuk menikmati fitur translate bahasa yang sobat inginkan. Untuk segera menggunakannya silahkan sobat pergi ke layanann SMS, atau aplikasi catatan di Hp Android tersebut.

3. Memilih Bahasa Penerjemahan

Setelah sobat pergi ke layanan SMS tadi atau aplikasi catatan, kemudian sobat disini sentuh tempat tinggal sobat ingin menulis. Kemudian segera keyboard akan ditampilkan. Saat keyboard tampil, arahkan perhatian sobat pada ikon translate yang tersedia di papan ketik tersebut. Biasanya letaknya di tengah diantara fitus yang lainnya.

4. Translate Bahasa Satu dengan Yang Lainnya

Jika sobat sebelumnya menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, maka sobat juga bisa menerjemahkan sebaliknya dengan memilih ikon ditengah seperti tanda panah berarah bolak balik. Jadi sangat praktis untuk menggonta ganti bahasa kemudian menerjemahkannya secara mudah dan otomatis.

5. Gunakan Bahasa Resmi

Kalau sobat sudah biasa menulis percakapan atau catatan menggunakan bahasa yang tudak formal seperti banyak menggunakan kata singkatan atau kata-kata sehari-hari, cobalah sesuaikan untuk menggunakan bahasa resmi. Jika sobat menggunakan kata-kata yang suit untuk dimengerti oleh sistem makan kata tersebut pun tidak akan bisa diterjemahkan.

6. Digunakan Sebagai Kebutuhan

Sobat bisa menggunakan dan mengaktifkan fitur translate otomatis ini sesuai dengan kebutuan. Sobat bisa menggunakannya untuk berkiris pesan di whatsapp, sms, Instagram, facebook dan masih banyak lainnya. Jika tidak menggunakannya lagi, sobat juga bisa dengan mudah menonaktifkannya saja atau cukup klik kembali untuk keyboard seperti biasanya. 

Nah, itulah 6 Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android. Uraian diatas adalah informasi terlengkap yang bisa membantu sobat mengenai cara mengaktifkan Google translate di keyboard Android secara otomatis.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca dimanapun anda sekarang berada, jangan lupa share artikel ini ke media sosial lainnya.